Berita

Sambut Panen MT-1, 7 Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah Bentuk BUMP

Sukoharjo – Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah bersama Sekretariat Nasional Badan Usaha Milik Petani (Seknas BUMP) Indonesia menggelar kegiatan penandatanganan serentak akta pendirian 7 (tujuh) Badan Usaha Milik Petani (BUMP) dari 7 (tujuh) kabupaten yang dipusatkan di Kabupaten Sukoharjo pada Selasa (14/12) bertempat di Balai Desa Bugel, Kecamatan Polokarto. Ketujuh BUMP tersebut berasal dari berbagai kabupaten diantaranya Sukoharjo, Blora, Purbalingga, Kebumen, Jepara, Banyumas dan Pati.

Kegiatan penting tersebut tidak lepas dari tindak lanjut rangkaian kegiatan sosialisasi dan FGD di tiap-tiap kabupaten dalam proses pembentukan Badan Usaha Milik Petani (BUMP) dimulai pada bulan September hingga November 2021 yang ditutup dengan Bimbingan Teknis Pengelola BUMP. Tidak lupa juga saat ini di berbagai daerah BUMP mendekati waktu panen padi Musim Tanam (MT)–1 (satu) sehingga untuk menyongsong hal tersebut kegiatan penandatanganan akta pendirian BUMP sangat tepat dilaksanakan.

Penandatanganan akta pendirian dilakukan oleh jajaran dewan komisaris dan direksi BUMP di hadapan notaris yang diantaranya BUMP PT. Sukoharjo Makmur Pangan Nusantara, BUMP PT. Berkah Makmur Sentosa (Blora), BUMP PT. Lumpang Mas Purbalingga, BUMP PT. Kalingga Makmur Sejahtera (Jepara), BUMP PT. Kebumen Maju Makmur, BUMP PT. Bawor Tani Sejahtera (Banyumas), dan BUMP PT. Manunggal Tani Makmur Perkasa (Pati).

Dalam kesempatan tersebut hadir pula Koordinator Staf Khusus Gubernur Jawa Tengah, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jawa Tengah, Asisten II Ekonomi dan Pembangunan Setda Provinsi Jawa Tengah, Biro Infrastruktur dan Sumber Daya Alam (ISDA) Setda Provinsi Jawa Tengah, Bappeda Provinsi Jawa Tengah, Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah, PT. Jaminan Kredit Daerah (Jamkrida) Provinsi Jawa Tengah, Kepala Dinas Pangan Sukoharjo, PT. BPR BKK Lasem Rembang, Camat Polokarto, dan Kepala Desa Bugel.

Dalam waktu yang bersamaan petani sebagai pengurus BUMP yang didampingi masing-masing penyuluh dari 7 kabupaten tersebut turut mengundang Dinas Ketahanan Pangan Pati, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Banyumas, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Blora, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Jepara, Dinas Pertanian dan Pangan Kebumen, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Purbalingga. Di hari itu juga untuk menunjang proses pemberdayaan dan bisnis yang dilakukan BUMP selanjutnya dilaksanakan pula penandatanganan perjanjian kerja sama antara Seknas BUMP Indonesia dengan PT. Jamkrida Provinsi Jawa Tengah dan PT. BPR BKK Lasem Rembang.

Similar Posts