Berita

Kembangkan Porang, PT. Bima Sahabat Bumi Gandeng Seknas BUMP Indonesia

Batang – Ketua Seknas BUMP Indonesia, Sugeng Edi Waluyo mengunjungi Lembangan, Kabupaten Batang pada Minggu (27/6) untuk meninjau lahan budidaya komoditas umbi porang. Peninjauan lokasi tersebut didampingi oleh Antonius Budi Rahayu, Dirut PT. Bima Sahabat Bumi. Rencananya lahan seluas 55 ha tersebut akan dibuat kawasan pusat pengembangan sekaligus pabrik pengolahan komoditas umbi porang.

Kegiatan tersebut dilakukan oleh PT. Bima Sahabat Bumi sebagai langkah awal dalam menjalin hubungan kerja sama dengan Seknas BUMP Indonesia. Antonius mengatakan dia dan timnya berkomitmen dalam mengoptimalkan lahan yang sudah tidak produktif untuk digunakan sebagai lahan budidaya. Ia juga menambahkan nantinya proyek ini membawa misi pemberdayaan kepada petani plasma sekitar.

“Kami berkomitmen untuk mengoptimalkan lahan-lahan tidak produktif eks perkebunan swasta maupun pemerintah yang ada di Jawa maupun luar Jawa melalui PT. Bima Sahabat Bumi. Ke depan kerja sama dengan petani sebagai plasma kurang lebih 1.000 ha dalam rangka mendukung kontinuitas produksi pabrik porang yang disiapkan konsorsium,” jelas Antonius.

Dalam kesempatan tersebut, Antonius berharap Seknas BUMP Indonesia menerima ajakan kerja sama dalam rangka menyediakan pasar lokal maupun ekspor hasil olahan tepung dari bahan baku porang nantinya.

“Kami mengharapkan Seknas BUMP Indonesia ikut serta dalam mengembangkan komoditas porang mulai dari budidaya sampai proses pembuatan pabrik tepung untuk dipasarkan ke negara yang sudah bekerja sama dengan grup Seknas BUMP Indonesia,” sambung Antonius.

Respon baik ditunjukan oleh Ketua Seknas BUMP Indonesia, Sugeng Edi Waluyo. Ia mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada Antonius atas undangan yang sudah diberikan. Edi juga menanggapi perihal rencana PT. Bima Sahabat Bumi sudah baik dan nantinya perlu ditinjau ulang agar lebih matang.

“Sudah baik. Rencana tindak lanjut perlu dirumuskan bersama ke depan. Kita bicarakan lagi nanti,” jawab Edi.

Similar Posts