Berita

Jateng Dorong Tata Kelola Badan Usaha Milik Petani

Semarang – Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan bimbingan teknis kepada pengelola Badan Usaha Milik Petani (BUMP) pada Kamis (25/11) bertempat di Hotel Kesambi Hijau, Semarang. Bimtek tersebut dilaksanakan dalam rangka mendorong tata kelola BUMP yang baik di wilayah Jawa Tengah sehingga dapat meningkatkan pendapatan petani serta mendukung stabilisasi cadangan pangan daerah.

Dalam pelaksanaannya, bimtek tersebut turut mengundang Kepala Dinas Ketahanan Pangan Jawa Tengah, Staf Khusus Gubernur Jawa Tengah, dan Ketua Sekretariat Nasional Badan Usaha Milik Petani (Seknas BUMP) Indonesia. Tidak ketinggalan peserta yang hadir berasal dari BUMP masing-masing kabupaten/kota yang sudah terbentuk maupun rintisan diantaranya Banyumas, Blora, Cilacap, Jepara, Kebumen, Magelang, Pati, Purbalingga, Purworejo, dan Sukoharjo.

Bimtek diawali dengan penyampaian materi kepada peserta terkait pengenalan Bolo Tani, pengoptimalan peran kelembagaan petani melalui BUMP, teknis pengorganisasian dan sistem informasi manajemen BUMP, serta diakhiri dengan penjelasan potensi beras di wilayah Jawa Tengah. Agenda tersebut memiliki output untuk dapat membangun semangat petani dalam proses pengelolaan BUMP dari hulu ke hilir secara kolektif, profesional, dan berkelanjutan.

Similar Posts