Berita

BUMP Rembang Terbentuk, Bupati Beri Dukungan Penuh

Rembang – Pengelola Badan Usaha Milik Petani (BUMP) Kabupaten Rembang melaksanakan prosesi penandatanganan akta pendirian di hadapan notaris pada Selasa (28/12). Agenda yang terselenggara secara hybrid di Aula Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Rembang tersebut merupakan upaya yang dilakukan petani dalam meningkatkan pendapatannya melalui BUMP. Pendirian BUMP tersebut merupakan bentuk sinergi antara Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah, Sekretariat Nasional Badan Usaha Milik Petani (Seknas BUMP) Indonesia, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Rembang, serta PT. BPR BKK Lasem (Perseroda).

Dalam kesempatan tersebut Bupati Rembang, H. Abdul Hafidz hadir dengan maksud mendukung penuh upaya petani yang tergabung dalam BUMP agar dikemudian hari posisi tawar petani meningkat sehingga bisa sejahtera. Telah disepakati sebelumnya bahwa BUMP PT. Rembang Pangan Gemilang sementara ini anggotanya mencakup empat kecamatan. Ke depan dengan masuknya MT-1, BUMP diharapkan memiliki tanggung jawab salah satunya memfasilitasi petani dalam proses pemasaran hasil panen sesuai dengan harga yang layak.

Tidak ketinggalan agenda tersebut juga turut dihadiri Direktur Utama PT. Jaminan Kredit Daerah (Jamkrida) Jawa Tengah, Direktur Utama PT. BPR BKK Lasem (Perseroda), Bappeda Jawa Tengah, Dinas Pertanian dan Perkebunan Jawa Tengah, Biro Infrastruktur dan Sumber Daya Alam (ISDA) Setda Jawa Tengah, Biro Perekonomian Setda Jawa Tengah, serta Dinas Pangan terkait se-Jawa Tengah.

Dalam hal ini peran dari PT. BPR BKK Lasem (Perseroda) bersama Seknas BUMP Indonesia melalui program Kredit Bulanan Mikro Bangkit telah memfasilitasi pembukaan rekening dalam rangka pembiayaan budidaya kepada perwakilan 100 petani yang tergabung dalam BUMP. Pada waktu yang bersamaan juga dilakukan penyerahan buku tabungan secara simbolis kepada tiga petani yang diserahkan langsung oleh Bupati Rembang, H. Abdul Hafidz.

Similar Posts